Tips Memancing Pompa Air Jetpump

Pompa air kadang-kadang perlu dipancing kalau air di pompa dan pipanya habis atau turun kembali ke sumur. Idealnya di ujung bawah pipa di dalam sumur dipasang katup searah supaya air dari dalam pipa tidak keluar kembali ke sumur, namun kadang-kadang katup ini tidak berfungsi. Selama masalah ini ada, kita terpaksa mesti rajin memancing pompa kita.

Cara biasa memancing pompa adalah mengisi air ke dalam pompa melalui lubang yang sudah disediakan, seperti pada manual pompa Grundfos berikut ini:

Petunjuk memancing pompa jetpump Grundfos

Petunjuk memancing pompa jetpump Grundfos

Singkatnya caranya adalah dengan membuka pipa keluaran dari pompa jetpump tersebut, dan kemudian memasukkan air ke pipa tersebut sampai penuh.

Berikut ini foto-foto pompa jetpump Grundfos terutama yang terkait dengan pemancingannya.

Penampakan pompa Grundfos JDBasic

Penampakan pompa Grundfos JDBasic

 

2 lubang di bagian atas

2 lubang di bagian atas tertutup

 

2 lubang di bagian atas terbuka

2 lubang di bagian atas terbuka

 

Berikut ini nampak fungsi kedua lubang tersebut. Lubang besar dipakai untuk air keluar, sedangkan lubang yang lebih kecil dapat dipakai untuk memasukkan air untuk memancing pompa tersebut. Namun kalau kita mau pakai lubang kecil tersebut untuk memancing, kita mesti atur supaya lubang tersebut masih dapat dibuka dan diakses dengan mudah.

Pipa air keluar dan lubang memancing

Pipa air keluar dan lubang memancing

Namun dari pengalaman saya cara seperti ini rada merepotkan karena air bisa tumpah mengenai pompa, memakan waktu cukup lama, dan perlu mencopot dulu pipa tertentu. Maka dari itu, saya mencoba menggunakan cara lain sebagai berikut:

Teknik memancing jetpump Grundfos

Teknik memancing jetpump Grundfos

Untuk mempercepat proses memancing saya melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • pasang stop keran pada kedua pipa dari pompa yang menuju ke dalam sumur
  • pasang stop keran pada pipa yang keluar dari pompa
  • memasukkan air menggunakan corong
  • air didapat dari selang air, bukan ember

Proses pemancingan dilakukan dengan membuka ketiga stopkeran khusus tersebut, dan kemudian dilanjutkan dengan mengisi air menggunakan corong dan selang sampai penuh.

Dari hasil percobaan sejauh ini cara memancing seperti ini sangat memuaskan karena tidak repot. Teknik ini baru saya coba di jetpump merek Grundfos, namun mestinya dapat dipakai untuk pompa merek lain juga.

Kelemahan cara ini adalah memerlukan tambahan pipa dan katup yang harganya cukup mahal.

Berikut ini penampakan pompa Wasser PW131e. Ada 2 lubang di bagian atas. Lubang yang besar adalah untuk air keluar dari pompa, sedangkan lubang yang kecil adalah untuk memancing pompa tersebut.

Pompa Wasser PW131e

Pompa Wasser PW131e

Supaya praktis kita dapat memasukkan air untuk memancing menggunakan corong kecil. Pemasangan pipa keluaran air juga harus memperhatikan keperluan memancing tersebut, jangan sampai lubang kecil untuk memancing tersebut terhalang oleh pipa keluaran air.

Pompa Wasser PW131e

Pompa Wasser PW131e

Tulisan lain tentang pompa air dapat dibaca di http://elektrologi.kabarkita.org/category/pompa/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Halo pak..
    Sy sdh melihat desain instalasi pipa utk memancing air yang bapak buat.. Saya bingung krn terlalu byk Ball Valve yaitu pada pipa hisap – pipa tekan – dan pipa dorong.
    Yang hendak saya tanyakan knp bisa sampai banyak begitu, dan apakah bisa dijelaskan fungsi “Ball Valve pada Pipa Hisap” serta “Ball Valve pada Pipa Dorong”.
    Air dimasukkan pada Pipa Tekan, bukankah dari piap tekan ini air akan mengalir dan terisi keseluruh pipa hingga mencapai pompa.
    Dan dimana fungsi Ball vave pada pipa hisap serta Ball valve pada pipa dorong tsb?

    Terimakasih…