sistem komputer sistem mikroprosesor

Sistem Komputer

Definisi Sistem Komputer

Menurut Webopedia:

A complete, working computer. Computer systems will include the computer along with any software and peripheral devices that are necessary to make the computer function. Every computer system, for example, requires an operating system.

Menurut PC Magazine

The complete computer made up of the CPU, memory and related electronics (main cabinet), all the peripheral devices connected to it and its operating system.

Menurut The Free Dictionary

a system of one or more computers and associated software with common storage

Menurut Business Directory

A system of interconnected computers that share a central storage system and various peripheral devices such as a printers, scanners, or routers. Each computer connected to the system can operate independently, but has the ability to communicate with other external devices and computers

Sistem komputer terdiri dari hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Ada juga yang memasukkan manusia sebagai bagian dari komputer, namun kebanyakan komputer dapat bekerja mandiri tanpa intervensi manusia jika hardware dan softwarenya sudah dipasang.

Perangkat keras komputer terdiri dari komponen utama berikut ini:

  • Central Processing Unit (CPU), berfungsi sebagai pengolah utama
  • Memori, yang berisi data dan program
  • Perangkat input untuk memasukkan informasi ke dalam komputer
  • Perangkat output untuk mengeluarkan informasi dari komputer

Selain komponen utama tersebut di atas, diperlukan juga komponen-komponen lain yang jarang disebut ketika membahas komputer:

  • Sumber daya / power supply, bisa dari jala-jala listrik PLN, ataupun dari batere dan lain sebagainya
  • Casing dan pendukung mekanik lainnya

Blok diagram perangkat keras suatu sistem komputer dapat dilihat pada gambar berikut:

Blok diagram perangkat keras sistem komputer

Blok diagram perangkat keras sistem komputer

Pada gambar tersebut perangkat sistem komputer terdiri dari CPU, memori, input-output yang secara internal terhubung oleh bus data, bus alamat dan bus kendali. Hubungan ke luar dilakukan oleh periferal input (sensor) dan periferal output (aktuator). Sistem di luar sistem komputer tersebut dinyatakan sebagai lingkungan (berwarna kuning).

Software yang dipakai dalam suatu sistem komputer antar lain adalah sebagai berikut:

  • Firmware : software yang sudah menempel di perangkat keras komputer. Pada komputer desktop biasa firmware ini dikenal sebagai software BIOS (Basic Input Output Software)
  • Sistem Operasi: Software pertama yang dijalankan setelah firmware, dan akan menjadi dasar dari software aplikasi. Contohnya adalah sistem operasi Windows, Linux, Ubuntu, MacOS, dan sebagainya.
  • Aplikasi: software yang melakukan fungsi yang kita inginkan. Misalkan aplikasi desktop seperti Microsoft Office, Web Browser, dan lain sebagainya.

Pada beberapa sistem komputer yang sederhana, pemisahan software seperti di atas tidak ada, jadi softwarenya hanyalah sebuah aplikasi tanpa firmware maupun sistem operasi.

Susunan software tersebut dapat dilihat pada gambar berikut.

Lapisan software pada sistem komputer

Lapisan software pada sistem komputer

Pada bagian paling bawah adalah hardware sistem komputer. Di atasnya adalah BIOS untuk komputer, dan ada juga firmware/BIOS untuk hard drive/hard disk. Ya, hard disk komputer pun di dalamnya ada softwarenya.

Di atas BIOS adalah software sistem operasi, seperti Windows, MacOS dan Linux. Baru di atasnya adalah aplikasi-aplikasi.

Contoh Sistem Komputer

Beberapa sistem komputer yang ada di sekitar kita dan mudah terlihat:

  • Komputer desktop
  • Komputer notebook / laptop

Beberapa sistem komputer yang ada di sekitar kita namuin agak susah terlihat

  • Komputer server yang umumnya ada di sebuah datacenter khusus
  • Sistem Embedded / Sistem benam, yaitu komputer yang sudah tergabung dengan sistem lain dan hanya melakukan 1 pekerjaan saja. Contohnya komputer yang dipakai dalam mesin cuci, telepon genggam, smartphone, printer, dan sebagainya
  • Mikrokomputer: komputer yang sederhana dan sangat kecil sehingga seluruh komponen dapat dimasukkan ke dalam 1 buah rangkaian terintegrasi.

Berikut ini contoh sistem komputer notebook (sumber)

MacBook Pro tahun 2009

MacBook Pro tahun 2009

Berikut ini contoh sistem komputer berupa sebuah smartphone Samsung Galaxy S4 . Detailnya dapat dibaca di artikel Samsung Galaxy S4.

Samsung Galaxy S4

Sistem komputer Samsung Galaxy S4

Berikut ini contoh sistem komputer kecil yang umum dipakai sebagai sistem embedded. Penjelasan lebih detail tentang sistem komputer tersebut dapat dibaca di artikel “Perbandingan kecepatan IO Digital pada Arduino

Sistem komputer kecil Arduino dan Arduino kompatibel

Sistem komputer kecil Arduino dan Arduino kompatibel

Berikut ini komponen ATMEGA168 dari Atmel yang di dalamnya sudah berisi CPU, memori dan beberapa periferal. Untuk menjalankan komponen tersebut sebagai sistem komputer cukup dengan menambahkan sumber daya dan beberapa perangkat input output lagi di luarnya.

ATMega168 dari Atmel

ATMega168 dari Atmel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress