Rangkaian Elektronika Raket Nyamuk

Berikut ini contoh sebuah rangkaian raket nyamuk yang saya temukan di sebuah website asatrio.blogspot.com:

Rangkaian raket nyamuk

Rangkaian elektronika raket nyamuk

Di beberapa situs lain rangkaian ini banyak di-copy paste, entah sumber asalnya dari mana. Rangkaian ini nampaknya sederhana, tidak terlalu banyak komponennya. Komponen aktif hanya sebuah transistor. Pembangkitan tegangan tinggi dengan trafo memerlukan sinyal AC, padahal inputnya batere DC, jadi kesimpulannya mesti ada pembangkit sinyal AC pada rangkaian tersebut.

Komponen utama rangkaian ini adalah sebuah transistor dan sebuah trafo / transformator. Dari data-data tersebut, bisa dicoba untuk mencari nama rangkaian ini, dapat kita gunakan kata kunci ‘transistor’, ‘transformer’, ‘oscillator’.

Pencarian oscillator transistor transformer

Pencarian oscillator transistor transformer

Dari hasil googling dan melihat artikel di wikipedia tersebut, nampaknya rangkaian yang dipakai adalah ‘Blocking Oscillator‘ atau ‘Osilator Sumbatan‘, dengan modifikasi berupa memasang kumparan sekunder di trafo yang dipakai tersebut. Hebat juga orang Indonesia editor wikipedia, karena artikel ‘Blocking Oscillator’ tersebut hanya ada dalam 5 bahasa: English, Indonesia, Deutsch (Jerman) , Русский (Rusia) dan Українська (Ukraina).

Hal-hal lain tentang raket nyamuk dapat dibaca di artikel “Raket Pembasmi Nyamuk

Sumber Referensi

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *