umum

Raket Pembasmi Nyamuk

Raket Pembasmi Nyamuk

Salah satu metode membasmi nyamuk yang sering dipakai adalah dengan menggunakan raket pembasmi nyamuk. Raket ini menggunakan tegangan tinggi (beberapa ribu volt) untuk mematikan nyamuk yang lewat di raket tersebut.

Berikut ini beberapa hal ringan seputar raket pembasmi nyamuk.

Ukuran Dan Berat

Raket pembasmi nyamuk terdapat dalam berbagai ukuran. Menurut saya yang paling penting adalah luas penampang raket dan berat raket. Makin luas penampang, maka makin mudah membidik nyamuk, karena tidak usah terlalu akurat. Makin ringan maka makin mudah mengayun raket untuk membidik nyamuk yang terbangnya zig-zag.

Rangkaian elektronik raket pembasmi nyamuk

Di dalam raket nyamuk ada rangkaian yang fungsinya membangkitkan tegangan ribuan volt dari batere yang hanya beberapa volt. Rangkaian elektronik nya rata-rata sederhana, detailnya dapat dibaca di artikel “Rangkaian Elektronika Raket Nyamuk”

Cas Jangan Terlalu Lama

Raket nyamuk rata-rata dapat diisi ulang baterenya. Namun rangkaian pengisi batere di dalam raket nyamuk sangat sederhana sehingga tidak ada perlindungan terhadap over-charge atau pengisian berlebihan. Jadi jika batere sudah penuh jangan lupa langsung dicopot dari jala-jala listrik.

Daya Bunuh Raket

Raket nyamuk kadang-kadang dapat mematikan nyamuk dalam 1 kali hantaman, kadang juga lebih. Dari pengalaman saya, jika nyamuknya gendut karena habis menghisap darah, maka nyamuk tersebut tidak langsung mati dalam 1 x hantaman, jadi biasanya jatuh namun masih hidup.

Raket Dapat Membakar Nyamuk

Jika ada nyamuk yang terkena raket kemudian tersangkut di dalam raket, maka jika dibiarkan nyamuk tersebut dapat gosong terbakar oleh arus listrik dan akhirnya dapat menjadi abu.

Raket Nyamuk Berisik

Raket nyamuk mengeluarkan suara ledakan keras ketika menghantam nyamuk. Ledakan ini berasal dari loncatan listrik tegangan tinggi ke nyamuk yang memanaskan udara secara mendadak, sehingga timbul gelombang suara. Prosesnya seperti terjadinya suara petir, hanya skalanya lebih kecil.

Raket Nyamuk Colokan Listriknya Macam-macam

Raket nyamuk dapat dicas / diisi ulang dari jala-jala listrik. Namun perlu diperhatikan ada 2 macam raket nyamuk, ada yang dapat dimasukkan ke stop kontak yang dalam yang ada ground nya, ada juga colokannya pendek sehingga tidak dapat dimasukkan. Untuk yang colokannya pendek, hanya dapat dipasang di stop kontak yang datar, atau mesti pakai konverter supaya dapat dipasang di stop kontak yang dalam.

Berikut ini foto 2 macam colokan raket nyamuk, ada yang panjang dan ada yang pendek.

 

Colokan listrik raket nyamuk

Raket nyamuk dengan colokan yang panjang lebih mudah, karena dapat masuk ke stok kontak dengan lubang yang dalam.

 

Raket nyamuk dengan colokan panjang

Raket nyamuk dengan colokan panjang

Raket nyamuk dengan colokan yang pendek tidak dapat masuk ke stop kontak dengan lubang yang dalam, sehingga perlu ditambahkan alat lain agar dapat disambungkan.

Raket nyamuk dengan colokan pendek

Raket nyamuk dengan colokan pendek

 

Pembunuh Lalat

Raket pembunuh nyamuk ini juga dapat membunuh serangga terbang lain seperti lalat. Namun lalat ini agak susah mati kalau hanya dipukul sekali, biasanya kalau kena hanya jatuh saja, terus kalau dibiarkan akan terbang lagi seperti biasa.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress