komponen

Percobaan Color Light Sensor ADJD-S371

Beberapa waktu lalu saya membeli modul sensor warna di Jaya Plaza. Kemasannya seperti pada gambar di bawah ini:

Color light sensor dalam bungkusan

Color light sensor dalam bungkusan

Berikut ini adalah tampak atas modul sensor warna tersebut. Modul sensornya kecil sekali sehingga sangat sulit disolder, maka lebih mudah membeli kit ‘breakout board’ yang sudah diberi lubang-lubang dengan jarak 100 mil yang mudah untuk dipasangi konektor sisir. Setelah itu dapat dipasang di breadboard untuk percobaan atau dipasang di PCB kita sendiri.

Color light sensor tampak atas

Color light sensor tampak atas

Berikut ini adalah tampak bawah modul tersebut. Nampak ada logo yang mirip logo Sparkfun.

Color light sensor tampak belakang

Color light sensor tampak belakang

Modul ADJD-S371 secara penampakan terbagi menjadi 2 bagian, yaitu sumber cahaya LED dan sensor warna. Pada gambar di bawah ini nampak LED yang berwarna kekuningan.

Sensor warna ADJD-S371 memperlihatkan LED

Sensor warna ADJD-S371 memperlihatkan LED

Berikut ini bagian sensor warna, nampak ada kotak berwarna merah biru hijau (RGB), kemungkinan itu adalah bagian yang berfungsi mendeteksi warna.

Close up sensor ADJD-S371 bagian penerima cahaya

Close up sensor ADJD-S371 bagian penerima cahaya

Pada modul tersebut tidak ada keterangan apapun mengenai tipe komponen yang dipakai. Kode di bungkus (SEN0067) juga tidak membantu. Pencarian di situs DFROBOT juga tidak menghasilkan apa-apa. Akhirnya dilakukan pencarian dengan kata kunci ‘color light sensor’ dan ‘sparkfun’ mengingat ada logo yang mirip logo sparkfun. Akhirnya didapat komponen yang memiliki penampakan mirip adalah “Color Light Sensor Evaluation Board” dari Sparkfun. Bentuknya tidak mirip 100%, tapi cukup mirip. Kemungkinan modul ini batch yang berbeda dari Sparkfun atau mungkin malah clone made in China.

Color light sensor dari Sparkfun

Color light sensor dari Sparkfun

Dari website Sparkfun tersebut didapat beberapa contoh aplikasi penggunaan modul tersebut.  Tahap berikutnya adalah melakukan percobaan sensor warna ini dengan menggunakan modul Arduino. Sementara ini sampai di sini saja dulu.

Referensi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress