powerbank

Perbandingan Rangkaian Powerbank Buatan Sendiri

Saat ini banyak orang yang menawarkan cara-cara membuat powerbank sendiri (DIY / Do It Yourself). Setelah saya perhatikan satu-persatu, ternyata macam-macam rangkaian powerbank buatan sendiri tersebut dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok sebagai berikut:

  1. Hanya batere yang disambung-sambung
  2. Batere yang ditambah regulator series 5V seperti 7805
  3. Batere yang ditambah regulator DC-to-DC Converter untuk mengubah tegangan batere menjadi 5 volt

Kelompok 1 Batere Yang Disambung-Sambung

Pada teknik ini batere (biasanya tegangan 3.7 volt) disambung untuk memberikan tegangan 7.4 volt, kemudian tegangan 7.4 volt ini diberikan ke ponsel untuk charging. Menurut saya teknik ini kurang tepat karena ponsel zaman sekarang biasanya dicharge menggunakan tegangan USB yaitu 5 volt. Cara ini masih dapat dipakai jika di charger ponsel tersebut memang menggunakan tegangan 7,4 volt.

Kelompok 2 Batere Dengan Regulator Seri

Prinsip kerja rangkaian ini adalah batere sebagai sumber tegangan DC, kemudian tegangan batere tersebut diturunkan menjadi 5 volt dengan menggunakan regulator seri. Tegangan masukan harus lebih besar daripada output yang diinginkan, dan perbedaan tegangan ini dibuang menjadi panas. Misal tegangan batere 7,5 volt, tegangan output 5 volt, arus 1 A, maka akan ada energi yang dibuang menjadi panas sebesar (7,5-5) x 1 = 2,5 watt, sedangkan outputnya adalah 5×1 = 5 watt. Jadi efisiensinya maksimal sekitar 66,6% saja.

Komponen LM317

Komponen regulator LM317

Contoh rangkaian menggunakan regulator LM317 adalah sebagai berikut:

Regulator seri dengan LM317

Regulator seri dengan LM317

Pada rangkaian tersebut tegangan masukan adalah 12 volt. Untuk output 5volt tidak harus menggunakan input 12 volt, cukup dengan 5 volt + 2.5 volt = 7,5 volt. Batere Li-Ion biasanya 3.7 volt, jadi sering orang pakai batere ini diseri menjadi 7.4 volt.

Rangkaian dasar regulator LM7805

Rangkaian dasar regulator LM7805

Contoh rangkaian lain adalah yang menggunakan komponen LM7805 sebagai berikut:

 

Regulator seri LM7805

Regulator seri LM7805

Contoh artikel yang menggunakan teknik ini:

  1. http://diy4all.wordpress.com/2013/05/20/diy-power-bank/ : menggunakan LM317
  2. Membuat Powerbank Tablet PC dari Baterai Bekas Laptop
  3. http://edukasi-area.blogspot.com/2014/04/buat-powerbank-sendiri-sederhana-murah.html
  4. http://indonesiahackerevolution.blogspot.com/2014/03/cara-membuat-power-bank-sendiri.html
  5. http://esokharinanti.blogspot.com/2013/10/rangkaian-charger-batre-hp-dan-power.html
  6. http://karyatangansederhana.blogspot.com/2013/10/cara-membuat-power-bank-dari-batre-hp_3.html
  7. http://www.lintas.me/go/elektrorangkaian.blogspot.com/skema-rangkaian-power-bank-4200-mah
  8. http://sukasukapaktri.blogspot.com/2013/10/rangkaian-power-bank-handphone-sederhana.html
  9. http://simple-aja.info/2104/membuat-rangkaian-pengisi-handphone-sederhana: menggunakan LM317
  10. http://muzenmetal.pun.bz/cara-membuat-power-bank.xhtml: menggunakan LM7805
  11. http://go-detik.blogspot.com/2013/06/rangkaian-power-bank-handphone-gawe.html:ย  menggunakan LM7805
  12. http://www.leadership-street.com/2013/08/cara-membuat-powerbank-sendiri-dijamin.html: menggunakan 7805
  13. http://inilah-caracaranya.blogspot.com/2013/06/cara-membuat-power-bank-sendiri.html: menggunakan 7805
  14. http://www.leadership-street.com/2013/08/cara-membuat-powerbank-sendiri-dijamin.html
  15. http://yoyosukardi.blogspot.com/2013/04/diy-membuat-power-bank-sederhana-sendiri.html : menggunakan 7805
  16. http://khymem.blogspot.com/2013/09/bikin-power-bank-sendiri.html : menggunakan 7805
  17. http://roboticbasics.blogspot.com/2014/02/cara-membuat-powerbank-sendiri-dengan-mudah.html : menggunakan 7805

Kelompok 3 Batere Dengan DC-to-DC-Converter

Pada teknik ini, digunakan suatu rangkaian khusus yang dapat mengubah tegangan DC dari suatu tegangan ke tegangan lain yang lebih tinggi maupun lebih rendah. Cara ini lebih efisien dibandingkan cara sebelumnya, di mana efisiensi yang dicapai bisa mencapai 80% ~ 90%

Contoh artikel dengan teknik DC DC Converter

Kesimpulan

  • Jika anda membuat power bank sendiri, baca dulu baik-baik spesifikasi ponsel anda, terutama berapa tegangan charger yang diperlukan
  • Teknik tanpa regulator dapat dipakai jika ponsel dapat menerima tegangan 7,4 volt dari batere
  • Regulator seri LM7805 dan LM317 dapat memberikan tegangan 5 volt dengan mudah, namun efisiensi rendah (66,6 %)
  • Regulator dengan DC DC converter memberikan tegangan 5 volt dengan efisiensi tinggi (80 % ~ 90%), namun mendapatkan komponen DC-DC Converter relatif lebih sulit daripada regulator seri

50 Comments

  • pak haji
    08/11/2014 - 01:27 | Permalink

    mau nanye nh gan. ane kn bkin pb dri batre bekas yg 3.7v itu 3 buah batre ane gbung jdi 1 trus ane smbung dgn heatsing 7805 . tpi knape kok heatsing.y bisa puaaaanas gtu?

    • admin
      04/12/2014 - 09:51 | Permalink

      Coba dihitung:
      3.7 volt digabung seri jadinya 3.7×3 = 10.1 volt
      7805 memotong tegangan jadi tinggal 5 volt, sehingga ada 5.1 volt yang mesti dibuang jadi panas.
      Kita anggap saja arusnya 500 mA.
      Daya terbuang = P = V x I = 10.1 x 0.5 = 5 Watt
      Jadi panas yang dihasilkan adalah 5 watt, ini lumayan panas untuk IC 7805. Jadi wajar saja.

  • dhaan
    06/12/2014 - 02:16 | Permalink

    permisi pak admnt apa ndak ada pengaruh panas itu ke borosnya batery

    • admin
      06/02/2015 - 05:54 | Permalink

      Panas itu asalnya kan dari energi di batere yang dibuang. Jadi makin banyak energi dibuang, maka makin panas.

  • m hasan fahrezi
    03/02/2015 - 15:36 | Permalink

    mas kalau pakek dc to dc converter itu aman atau tidak dan menghasilkan panas atau tidak

    • admin
      06/02/2015 - 05:52 | Permalink

      DC to DC converter itu aman-aman saja asal membuatnya benar.
      DC to DC converter itu ada efisiensinya, misal 80%. Maka yang 20% itu akan jadi panas. Makin efisien maka panas yang dihasilkan makin kecil. Panas ini dapat dibuang dengan menggunakan heatsink.

  • sanis
    09/02/2015 - 07:19 | Permalink

    Mas, sy pny pb a*****e 5800mAh. Bbrp wkt lalu ga bs diisi dan ga nyala lampu indikatornya. Sy bongkar tnyata batre ga ada arusnya. Kmudian sy ganti batrenya dengan ultrafire 3,7v 4800mAh sebanyak 2buah. Alhamdulillah bisa nyala dan bs u/ isi hp lg. Tp knp ya kok ga bisa penuh buat isi batre hp kapasitas 2400mAh? Paling cm 50% aja. Sy ga utak atik rangkaian pb nya..cm ganti batre nya aja. Mohon pencerahannya. Terima kasih

  • ihsan
    08/03/2015 - 10:44 | Permalink

    Menarik Mas,
    Ada kemungkinan lain menggunakan battery NiMH 4 buah diseri.
    NiMH tegangan nominal 1,2V / cell , realnya pada 1,3V.
    Kalo 4 buah berarti 5,2V. Saya rasa 5,2V masih bisa direct connection ke HP.
    Tetapi saya belum pernah mencobanya hehe…
    Hal negatif adalah charging NiMH tidak semudah Li-Ion.
    Jadi mahal di charger-nya, kecuali kalau sudah punya charger NiMH.

    • admin
      08/03/2015 - 10:52 | Permalink

      masalahnya tegangan pada batere NiMH kan bakal turun kalau baterenya sudah nggak full.

  • Jalu Wisesa
    08/03/2015 - 18:08 | Permalink

    Saya mau bikin powerbank 7.4 volt, tapi mau kapasitasnya besar. gak cuman pakai 3 baterai aja. jalan keluarnya bagaimana ya?

    • admin
      09/03/2015 - 08:10 | Permalink

      Alternatifnya:
      * pakai beberapa batere diparalel
      * pakai batere yang kapasitasnya besar, tapi tentunya ukurannya besar juga

      • Jalu Wisesa
        09/03/2015 - 16:26 | Permalink

        Untuk memastikan outputnya tetap 7.4 volt, apakah harus menggunakan yang lain? Kalau di pararel bagaimana rangkainannya? terima kasih..

  • Muhammad Fadhli
    12/03/2015 - 10:28 | Permalink

    Saya mau bikin powerbank tegangan 7,4 volt tp kapasitas nya 96.000 mAH jalan atau bentuk skema rangkaian nya harus dibut gimana?terima kasih

    • admin
      12/03/2015 - 10:50 | Permalink

      Untuk kapasitas sebesar itu nampaknya mesti pakai DC to DC converter yang membuatnya tidak sederhana.

  • 27/04/2015 - 19:24 | Permalink

    mas ada rangkaian yang memakai baterai hp?

  • dhanizar
    25/05/2015 - 10:31 | Permalink

    Mas gimana caranya ragkaian power bank tersebut agar bisa di cas menggunakan adaptor cas hp .. Saya coba cas pb tsb menggunakan cas hp .. Batrei pb nya tidak bisa terisi .. Gimana solusinya .. Trimakasih ๐Ÿ™‚

    • admin
      20/06/2015 - 22:34 | Permalink

      Mesti memperhatikan tipe batere yang dipakai dan tegangan dari adaptor cas HP. Tegangan untuk cas batere punya aturan sendiri, tidak bisa langsung dari 5 volt dari adaptor HP.

  • adi
    11/06/2015 - 22:25 | Permalink

    sya mau tanya gan kalo pake charger hp bisa gc gan.

    • admin
      20/06/2015 - 22:32 | Permalink

      Charger HP prinsipnya menyediakan tegangan 5 volt (asumsi pakai USB), dengan arus bervariasi tergantung kekuatan charger HP tersebut. Bisa saja pakai charger HP, namun tegangan 5 volt tersebut mesti disesuaikan ke batere yang akan dicharge. Biasanya dari 5 volt tersebut diubah dengan DC to DC converter ke tegangan yang cocok untuk batere yang dipakai, serta ada deteksi batere penuh, karena banyak batere yang kalau sudah penuh masih dicas akan rusak.

  • rezano
    12/06/2015 - 21:40 | Permalink

    Mas mau nanya apa semua rangkaian untu batre itu sama meskipun beda mAh nya

    • admin
      20/06/2015 - 22:30 | Permalink

      Batere yang besar mAh nya berarti dapat diberi arus besar ketika charging, dan dapat memberikan arus besar ketika menjadi sumber arus. Jika ingin arus besar, maka otomatis rangkaian chargernya mesti sesuai dengan arus tersebut.

  • adi
    21/06/2015 - 13:57 | Permalink

    mau tanya gan menggunakand charger hp bisa gc gan.

    • admin
      15/08/2015 - 13:55 | Permalink

      Menggunakan charger HP untuk apa ya?

  • 13/08/2015 - 23:54 | Permalink

    mau nanya gan,klo mslkan sumber btrenya,.
    batre(hp) teg 3.7V 1300mAh diparalelkan dngn btre(hp) 3,7v 890mAh,lalu diserikan dengan btre(ultrafire) 3,7v 5800mAh..
    bsa bkerja gk pbnya tu gan??
    thanks:D

  • 15/08/2015 - 13:33 | Permalink

    gan,.mau nnya lagi,.
    cara ngecas btrenya hrus sklarnya dlm posiisi on atau off? :/

    • admin
      15/08/2015 - 13:55 | Permalink

      Kalau mau mengisi powerbank ya sesuai dengan manual powerbank nya.
      Kalau powerbank bikinan sendiri tergantung rangkaiannya.

  • 15/08/2015 - 21:45 | Permalink

    ok.,makasi gan…

  • ragel
    22/08/2015 - 19:04 | Permalink

    Test dulu

  • ragel
    22/08/2015 - 19:07 | Permalink

    Min mau nanya ..
    Kenapa ya pengisian cas yg asli lebih cepat dibandingkang dgn pb…
    Dan agar pengisinan sama gmn caranya y???

    Mohon bimbingannya min….!!!

    • admin
      23/08/2015 - 19:03 | Permalink

      Kecepatan pengisian tergantung beberapa hal:
      * kemampuan arus dari charger / powerbank
      * kemampuan smartphone / handphone mengisi batere di dalamnya.

      Cas asli lebih cepat dibandingkan PB kemungkinan besar karena kemampuan arus dari PB lebih kecil dari cas asli.

      Contoh powerbank Vivan M04 (http://elektrologi.kabarkita.org/powerbank-vivan-m04/) kemampuan arusnya adalah 0.6 ampere, sedangkan charger samsung untuk smartphone biasanya 1 ~ 2 ampere, maka jelas kalau pakai charger asli Samsung akan lebih cepat mengisinya.

      Kalau mau cepat mengisi pakai powerbank, tentu saja cari powerbank yang kemampuan arusnya besar.

  • ardo
    21/01/2016 - 11:40 | Permalink

    Aq mau sekema nya + koponenya dari Input nya, mksh

    • admin
      11/02/2016 - 13:22 | Permalink

      Di masing-masing itu kan ada contoh rangkaiannya

  • wahid
    11/02/2016 - 17:49 | Permalink

    permisi admin, mau tanya nh klo pke rangkaian 3 volt to 5 volt conveter efisiensinya brpa %…??

    apa 3 volt to 5 volt conveter juga butuh heatsing….???

    mohon petunjuknya.
    terima kasih.

  • wahid
    11/02/2016 - 20:04 | Permalink

    klo pke 3 volt to 5 volt converter bisa ga… trus efisiensinya brpa %…??

    apa rangkaian 3 volt to 5 volt conveter jg btuh heatsing…?

  • 13/04/2016 - 13:53 | Permalink

    cara nya masih kurang ngerti bro…

  • sulaeman SNK
    11/06/2016 - 01:20 | Permalink

    Min mau tanya nih. Klo pb kapasitasnya awalnya 5500 mAh. Trs batre pb nya sy ganti dengan kapasitas yg lbh besar itu. Bisa gk? Dan ada kendalanya tdk. Mohon di bimbing
    Terimakasih

  • gunadi
    23/07/2016 - 22:05 | Permalink

    gan,pb saya paling ngisi 20% setelah dibuka pake baterai seperti baterai laptop panjang..saya mo ganti pake alkaline recharge bisa ga,brp buah to kapasitas besar..tanks

    • admin
      24/07/2016 - 09:23 | Permalink

      Harus diganti batere yang jenisnya sama dan tegangannya sama.
      Powerbank biasanya pakai batere Lithium Polymer , tidak sama dengan batere alkaline.

  • widddy
    25/12/2016 - 22:25 | Permalink

    mas mau tanya saya mo bikin powerbank dengan modul bekas baterai 18650 sekarang saya mau ganti dengan baterai yg AA 4 buah kapasitas @2100mah dan dirangkai seri apakah aman utk hp android saya?makasi

  • Dedek Boys
    31/12/2016 - 11:10 | Permalink

    Saya bertanya saya punya baterai 3.7 volt dan masing2 baterai 2800 mah sebanyak 4 buah, saya rangkai paralel dan hasilnya 3.7 volt dan 11200 mah. Yang jadi pertanyaan output power bank rakitan saya mempunyai output : DC5.3V-1000mA (MAX) apakah bisa? Dan kalau bisa apakah aman?

  • rizki anggi triono
    20/10/2017 - 15:43 | Permalink

    maaf mas mau tanya , apakah bisa mengubah PB menjadi listrik colokan .jd bisa mencolok tv mungkin dsb. mohon penjelasan nya

    • admin
      09/11/2017 - 10:19 | Permalink

      Untuk mengubah PB menjadi colokan listrik 220 volt perlu alat namanya inverter.

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Powered by: Wordpress