1 volt berapa mAh

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah ‘sekian volt itu berapa mAh‘?

Dalam ini perlu diperhatikan bahwa volt dan mAh itu adalah 2 satuan yang berbeda:

Volt adalah satuan untuk tegangan listrik. Dalam batere, angka ini maksudnya adalah berapa tegangan antara terminal-terminal sebuah batere.

mAh adalah gabungan dari mA (miliampere) dan hour (jam). Satuan ini dipakai di batere, yang maksudnya adalah kemampuan batere tersebut memberikan arus, atau dengan kata lain adalah kapasitas batere/daya tampung batere tersebut. Satuan mAh adalah hasil kali antara arus yang diberikan oleh batere dan berapa lama batere tersebut dapat memberikan arus sebesar itu.

Misal ada batere berkapasitas 1000 mAh, maka batere tersebut dapat memberikan arus 1000 mA selama 1 jam, atau 500 mA selama 2 jam, atau 2000 mA selama 1/2 jam. Dalam prakteknya batere makin boros ketika arusnya besar, jadi kalau kita paksa dia memberi arus besar, durasi arus itu tidak sebesar hasil perhitungan. +

Berikut ini contoh beberapa batere dengan volt dan mAh masing-masing.

Contoh pertama adalah batere NiMh merek GP dengan kapasitas 2700 mAh. Pada gambar tersebut tidak nampak jelas tegangan dari batere tersebut, namun biasanya batere NiMh tegangan keluarannya adalah 1,2 volt.

Batere NiMH merek GP berkapasitas 2700 mAh

Batere NiMH merek GP berkapasitas 2700 mAh

Berikut ini adalah batere Li-ion untuk smartphone Samsung Galaxy S4. Tegangan batere adalah 3,8 volt, dan kapasitas batere adalah 9.88 Wh. Di sini satuan yang digunakan adalah Wh, bukan mAh. W (watt) adalah hasil kali tegangan (volt) dengan arus (ampere). Untuk mengubah ke satuan mAh, bagi saja Wh dengan volt: 9.88 Wh/ 3.8 volt = 2600 mAh. Jadi kapasitas batere tersebut dalam mAh adalah 2600 mAh. 1 A atau 1 ampere setara dengan 1000 miliampere / 1000 mA, jadi 2600 mAh setara dengan 2.6 Ah.

Batere smartphone Samsung Galaxy S4 3.8 volt 9.88 Wh

Batere smartphone Samsung Galaxy S4 3,8 volt 9,88 Wh

Berikut ini adalah sebuah batere kering dengan tegangan 12 volt dan kapasitas 70 Ah. Dalam contoh ini kapasitas batere dinyatakan dengan satuan Ah (ampere-hour), bukan mAh (miliampere-hour). 1 Ah sama dengan 1000 mAh, jadi kapasitas batere itu adalah 70000 mAh.

Batere 12V 70 AH

Batere 12V 70 AH

Untuk satuan-satuan lain pada batere dapat dibaca di artikel Satuan pada Batere

Sumber gambar:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. saya sangat suka dengan pembahasan anda… jelas,, mendetail tidak berputar2.. isinya semua daging yang renyah untuk di konsumsi.. mudah dipahami.. dan gampang dimengerti

    • Volt adalah satuan untuk tegangan, sedangkan mAh itu arus & waktu, jadi kedua satuan ini tidak dapat dibandingkan.

      Yang dapat dibandingkan misalnya:
      * batere 9 volt alkaline yang dijual di pasaran berapa mAh?
      * batere 9 volt karbon-seng itu berapa mAh?